Semarang (ANTARA News) - Proses pembangunan Waduk Jatibarang tidak akan mengganggu kelangsungan hidup ratusan kera penghuni Objek Wisata Gua Kreo yang terletak di Dukuh Talunkacang, Kelurahan Kandri, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah. "Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian dilakukan pihak pengembang proyek dengan pihak Universitas Gajah Mada Yogyakarta," kata Konsultan Supervisi Pembangunan Waduk Jatibarang, Dodhy Indra Wirawan, di Semarang, Sabtu.

Ia menjelaskan, penelitian yang dimulai pada awal tahun informasi beasiswa gratis 2010 hingga kini tersebut menyangkut tingkah laku kera sebelum pengerjaan proyek dan setelah proses pembangunan proyek Waduk Jatibarang dimulai.

Those of you not familiar with the latest on tech now have at least a basic understanding. But there's more to come.

Dari penelitian tersebut, kata dia, pengerjaan proyek dengan menggunakan sejumlah alat berat tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dan berpengaruh pada populasi kera.

"Kelangsungan hidup kera yang menjadi daya tarik Objek Wisata Gua Kreo tidak akan terganggu dengan adanya pembangunan Waduk Jatibarang," ujarnya.

Kendati demikian, katanya, selama proses pembangunan Waduk Jatibarang, Objek Wisata Gua Kreo akan ditutup sementara dari kunjungan masyarakat.

Menurut dia, setelah pembangunan Waduk Jatibarang selesai dikerjakan, Objek Wisata Gua Kreo akan berada di tengah-tengah waduk dan untuk menjangkaunya akan ada jembatan penghubung.(KR-WSN/I007)