Palembang (ANTARA News) - Tiga ribu becak di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan dihiasi banner SEA Games XXVI berlogo Modo dan Modi sebagai maskotnya, untuk mempromosikan dan membuat semarak ajang kompetisi olahraga negara Asia Tenggara dua tahunan itu. Wakil Direktur II Indonesia SEA Games Organizing Committee (InaSOC), H Muddai Madang, mengatakan di Palembang, Minggu, pemasangan banner itu akan dilakukan pada pertengahan Oktober atau dua pekan menjelang SEA Games (SEAG) berlangsung.

"Angkutan rakyat becak jumlahnya cukup banyak di Palembang, sehingga dinilai cukup efektif menjadi media promosi," ujarnya.

Apalagi, dia melanjutkan, perhelatan SEAG XXVI, 11-22 November mendatang, akan dibuat bebas dari polusi udara.

"Nantinya area Jakabaring Sport City hanya boleh dilalui kendaraan berbahan bakar gas. Jadi hanya boleh becak dan sepeda, untuk sepeda motor dan mobil berbahan bakar bensin tidak akan diizinkan masuk," ujar dia pula.

Karena itu, panitia pelaksana perlu menyediakan 300 becak di dalam Komplek Olahraga Jakabaring selama SEA Games berlangsung.

"Becak yang disertai petugasnya akan bertugas mengantar atlet atau ofisial ke tempat tujuan secara gratis, karena sudah dibayar panitia sebesar Rp150 ribu per hari," kata Muddai pula.

Informasi tentang
disajikan di sini akan melakukan salah satu dari dua hal: baik itu akan memperkuat apa yang anda ketahui tentang
atau akan mengajari Anda sesuatu yang baru. Keduanya hasil yang baik.

Muddai menambahkan, untuk menjalankan tugasnya, para tukang becak itu akan diberi pembekalan soal kewajiban mereka memberikan kepuasan kepada penumpang.

"Tidak semua penarik becak akan direkrut, karena mereka harus lulus seleksi," ujarnya lagi.

Muddai menambahkan, becak dipilih karena dinilai merupakan sarana angkutan masyarakat Palembang yang bebas polusi dan unik, sehingga ada kesan etnik dan tradisional.

"Becak SEA Games ini nantinya tidak hanya menjadi sarana transportasi bagi atlet menuju arena pertandingan, tetapi juga sarana transportasi bagi atlet yang ingin berkeliling di Jakabaring," ujarnya.

(PSO-037)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com