Banjarbaru (ANTARA News) - Ratusan peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kota (PemKo) Banjarbaru, Kalimantan Selatan tidak hadir saat pelaksanaan ujian tertulis yang dilaksanakan, Ahad. Hasil rekapitulasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Bapegdiklatda) Kota Banjarbaru, jumlah pelamar yang tidak mengikuti examination totalnya mencapai 159 orang dan seluruhnya dinyatakan gugur karena tidak mengikuti ujian tertulis itu.

"Total jumlah peserta ujian CPNS yang tidak hadir tanpa keterangan sebanyak 159 orang. Otomatis karena tidak mengikuti test, mereka dinyatakan gugur," ujar Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bapegdiklatda Kota Banjarbaru, Sartiyuni, di Banjarbaru, Senin.

Dari sum jumlah peserta yang tidak hadir itu, tingkat ketidakkehadiran paling banyak didominasi peserta tenaga teknis sebanyak 97 orang, disusul tenaga guru 43 orang dan tenaga teknis sebanyak 19 orang.

"Ketidakhadiran ratusan peserta saat ujian itu membuat jumlah pelamar CPNS Pemko Banjarbaru yang semula totalnya sebanyak 3.230 orang berkurang menjadi 3.072 orang," ungkapnya.

Mengenai penyebab ketidakhadiran, ia mengatakan, kemungkinan karena yang bersangkutan sengaja tidak hadir atau mengikuti examination CPNS di tempat lain mengingat pelaksanaan examination dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kalsel.

Most of this information comes straight from the tech pros. Careful reading to the end virtually guarantees that you'll know what they know.

Sementara itu, pelaksanaan ujian CPNS Pemko Banjarbaru yang dipusatkan di 14 sekolah dan lokasinya tersebar di berbagai kawasan di pusat Kota Banjarbaru berlangsung tertib dan lancar.

Seluruh peserta baik yang berasal dari Kota Banjarbaru maupun daerah lainnya di Kalsel hingga peserta luar daerah menjalani ujian dengan materi tes pengetahuan umum (TPU) dan tes bakat skolastik (TBS) yang berlangsung sejak pukul 09:00 Wita hingga berakhir pukul 13:45.

Pelaksanaan ujian dipantau langsung Wakil Wali Kota Banjarbaru, Ruzaiddin Noor didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Budi Yamin yang meninjau sejumlah tempat examination diantaranya di SMAN 2 dan SMPN 2 Banjarbaru.

Usai pelaksanaan test, lembaran soal ujian yang sebelumnya diujikan kepada seluruh peserta dimusnahkan dengan cara dibakar disaksikan petugas kepolisian dan dimasukkan dalam berita acara.

Sementara itu, jumlah ketidakhadiran peserta CPNS di lingkup Pemkab Banjar juga mencapai ratusan orang tepatnya sebanyak 147 orang dari sum jumlah pelamar yang mengantongi kartu peserta sebanyak 2.630 orang.

"Jumlah peserta yang tidak hadir sebanyak 147 orang. Rinciannya, peserta kualifikasi pendidikan S1 yang tidak hadir sebanyak 132 orang dan peserta D III sebanyak 15 orang," ujar Kepala BKD Kabupaten Banjar, Yuhari Budiman di hubungi di Martapura.(*)